Tiga Pelaku Penculikan Anak dibawah umur Berhasil di Tangkap Sat Reskrim Polres Tanjungbalai

  • Share
Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira, Sik MH didampingi Wakapolres Polres Tanjung Balai.

TANJUNG BALAI, MEDGO.ID Sat Reskrim Polres Tanjungbalai berhasil mengungkap kasus dugaan penculikan anak dibawah umur, ketiga kawanan pelakupun akhirnya berhasil dilumpuhkan petugas setelah sempat terjadi aksi kejar-kejaran sampai kewilayah Simpang Empat Kab Asahan.

Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira memberikan penjelasan terkait dengan kasus ini kepada insan pers, di Polres Tanjungbalai, Senin (8/2/2021) Pukul 14.00 Wib.

Penculikan terjadi pada Jumat, 5 Februari 2021, pukul 11.30 WIB. Korban penculikan remaja berusia 14 tahun, warga Jln Abadi Lk-I Kel. TB Kota II Kec. TB. Selatan Kota Tanjung Balai, tepatnya dirumah korban.

Lanjut Kapolres, Saat itu, tindakan 5 orang yang datang ke rumah korban dengan maksud mencari, namun yang berada di dalam rumah adalah korban, kakak korban, dan ibu kandung korban, bernama Supina

Setelah itu salah satu pelaku meminta kepada kakak korban untuk mencari ayah mereka, tetapi tidak ketemu, selanjutnya hal yang sama kembali diinstruksikan pelaku kepada ibu korban.

“Pada saat ibu korban pergi mencari suaminya, salah satu pelaku mencoba menarik tangan kiri korban, ada juga yang mendorong badan korban, sehingga korban berhasil dimasukan ke dalam mobil,” ungkap Putu Yudha kepada insan pers.

Kapolres saat memaparkan kasus penculikan anak dibawah umur kepada insan pers

Kawanan penculik yang tidak diketahui membawa korban ke arah Simpang Empat, Kabupaten Asahan, tidak lama kemudian ibu korban yang melihat hal tersebut langsung menjerit minta pertolongan kepada warga sekitar. “Tolong, ada penculikan anak,” Teriak si ibu.

“Orang yang mendengar teriakan ibu korban, langsung meminta pertolongan kepada Sat Reskrim yang sedang melintas, begitu mendapatkan laporan dari warga, tanpa pikir panjang mengejar para pelaku,” sebut Kapolres.

Pengejaran sampai masuk wilayah Simpang Empat, polisi akhirnya berhasil menangkap 3 pelaku, sedangkan 2 pelaku lainnya kabur.

“Supina, ibu kandung korban, tidak yakin anaknya diculik para pelaku yang tidak dikenalnya, lalu membuat Laporan ke Polisi di Polres Tanjung Balai untuk memohon dilakukan proses penyidikan lebih lanjut,” ucap Putu Yudha.

Kapolres mengungkapkan, 3 (tiga) pelaku yang ditangkap adalah ZI (49) domisili Kecamatan Kualuh Selatan, SI (42) domisili Kecamatan Aek Kanopan, dan SD (33) domisili Kecamatan Gunting Saga. Ketiganya warga Kabupaten Labuhan Batu Utara.

Humas Polres Tanjungbalai Iptu AD Panjaitan

Dikesempatan yang sama, Humas Polres Tanjung Balai, Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan juga menyebutkan, “motif dibalik penculikan ini diduga karena adanya hutang piutang,” ujar Iptu Panjaitan kepada insan pers.

Barang bukti dalam kasus ini, polisi menyita 1 unit mobil tipe 1,5 DB merk Wuling Confero BK 1277 ACD warna Starry Black beserta 1 (satu) kunci mobil dan juga STNK nya.

Atas perbuatan ketiga pelaku tersebut terancam pelanggaran Pasal 83 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak sub pasal 328 dari KUHPidana. (Miko)

Reporter: E Franata

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.