Sosialisasi Edukasi Kesehatan Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid 19 di Desa Hessa Air Genting

  • Share
Kades Hessa Air Genting bersama Camat Kecamatan Air Batu menggelar kegiatan Sosialisasi Edukasi Kesehatan Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid 19. (foto: MF)

ASAHAN, MEDGO.ID — Kepala Desa (Kades) Hessa Air Genting Muhammad Basri bersama Camat Kecamatan Air Batu Syahputra menggelar kegiatan Sosialisasi Edukasi Kesehatan Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid 19.

Kegiatan kali ini terlaksana di Dusun 3 Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Senin (8/8/2022). Sekira Pukul 13.40 Wib.

Di hadiri Danramil Kapten Inf Nuriyanto, Ketua BPD Khairul Azhar Butar-Butar, Petugas Puskesmas Desa Ricka Putri Hardianti, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna Desa, PKK Desa, Perangkat Desa, Kader Posyandu, Para Kadus dan Pendamping desa beserta warga sekitar.

Mengawali kegiatan penyampaian materi Ricka Putri Hardianti petugas kesehatan dari Puskesmas Hessa Air Genting mengatakan telah kita ketahui bersama bahwa saat ini telah memasuki masa new normal (kebiasaan baru) di tengah pandemi Covid-19.

Di era new normal ini masyarakat perlu mengubah perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa.

“Namun dengan selalu tetap menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru/AKB),” tutur Ricka.

Adaptasi ini bukan hal yang baru, karena itu kami akan selalu menghimbau dampak agar tidak terjangkit kembali covid 19.

Dan tetap menganjurkan kepada warga terutama kepada ibu rumah tangga untuk selalu rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan yg bergizi.

Kemudian petugas puskesmas juga memberikan penjelasan tentang stunting dan penyebabnya.

“Berdasarkan ilmu kedokteran dan kesehatan terkait stunting, dalam penanggulangan stunting itu ada banyak cara,” bebernya.

Lebih lanjut, Petugas kesehatan juga menyampaikan tentang bagaimana cara Pencegahan Stunting dan bagaimana cara efektif Mengatasi Stunting.

Terakhir dalam penyampaian pemateri mempraktekan tata cara mencuci tangan pakai sabun yang benar.

Dan penjelasan tentang bagaimana agar Asi ibu menyusui dapat keluar, lancar dan Asinya sehat dengan menganjurkan selalu mengkonsumsi makanan bergizi.

Dalam kesempatanya, Arahan dan bimbingan dari Camat Kecamatan Air Batu Syaputra mengatakan

bahwa stunting di Desa Hessa Air Genting ini sudah ada sejak lama.

Namun kami dari Pemerintah Desa dan Kecamatan tidak akan bosan dan terus melakukan upaya bagaimana caranya melakukan penanggulanganya.

“Baik dalam pencegahan dan mengatasinya setidaknya dapat menurunkan angka stunting yang ada,” ujarnya.

Syahputra juga mengajak kepada seluruh masyarakat desa menjelang Hut RI ke 76 mari turut kita semarakan hari kemerdekaan ini.

Terakhir dalam arahan dan bimbingan, Camat Air Batu memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Air Genting beserta pelaksana atas terlaksananya kegiatan sosialisasi ini.

Menutup kegiatan, Kades Hessa Air Genting Muhammad Basri mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir atas terlaksananya kegiatan ini. (MF)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.