Simpang Gambus Dilanda Banjir ! Bupati Batu Bara Turun ke Lokasi

  • Bagikan
Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir bersama Kapolres Batu Bara AKBP Jose samperin warga di lokasi banjir, (foto: Ist)

BATU BARA, MEDGO.ID — Banjir yang melanda di sejumlah dusun di kawasan Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh sehingga Bupati Batu Bara Zahir turun ke lokasi.

Hasil air hujan yang mengalir terus meluas ke beberapa dusun hingga Kamis (17-11-2022) pagi, jumlah rumah warga terdampak banjir makin bertambah.

Sebelumnya debit air yang datang dari Hulu Sei Bah Bolon makin tinggi, akibat curah hujan yang turun terus menerus dalam beberapa hari ini, sehingga mengakibatkan adanya benteng yang jebol.

Kepala Desa Simpang Gambus Idris yang disapa (Dele) begitu mendapat laporan dari warga secepatnya menghubungi pihak terkait.

Diantaranya Dinas PUPR kabupaten Batu Bara yang menurunkan alat berat yang mengorek benteng pinggir Sei Bah Bolon di Simpang Gambus.

Agar air yang melimpah di sepanjang irigasi mengalir ke sungai karena permukaan air di irigasi lebih tinggi dari sungai.

Sementara salah seorang wartawan, yang juga mengalami dampak banjir di lokasi menyebutkan sejak Kamis pagi itu rumahnya di dusun V Simpang Gambus juga di genangi air tepat bahagian dapur.

“Sehingga tak bisa digunakan untuk beraktivitas, bahkan hingga siang hari air semakin bertambah mencapai sekitar 30 cm, ucap Sahar,” bebernya.

Pemkab Batu Bara melalui dinas terkait seperti Dinas PUPR, BPBD, Perkim, Dinkes,Dinsos, Camat Lima Puluh, Danramil dan pihak kepolisian Polres Batu Bara, Brimob, serta Satpol PP sejak pagi telah turun ke beberapa titik kebanjiran, yaitu Dusun I, V, VI, VII, dan dusun VIII.

Selain memberikan semangat kepada korban banjir pemkab Batu Bara juga mendirikan tenda-tenda penginapan sementara, dapur umum, posko kesehatan dan fasilitas lainnya.

Kepada korban banjir yang di taksir mencapai ratusan kepala rumah tangga juga diberikan paket sembako.

Bupati Zahir dan Kapolres Batu Bara Akbp Jose didampingi Camat Lima Puluh, Adri Aulia kadis Sosial Riyadi, kades Simpang Gambus juga turun di lokasi banjir.

Bupati Zahir menyebutkan saat di lokasi banjir, saat ini ketinggian air dilokasi banjir berkisar 30 hingga 100 cm.

“Bahkan ada yang nyaris mencapai bubungan rumah seperti Pondok Zikir Thariqat Ahli Syattariyah yang terletak di Dusun VIII Kemuning Simpang Gambus,” ungkap Bupati. (*AN)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan