Program Rilis Bersama, Menuju Satu Data Administrasi Kependudukan Indonesia Hasil 2020

  • Share

ASAHAN, MEDGO.ID Berdasarkan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomer 39 Tahun 2019 yang sudah ditindaklanjuti dengan peraturan Bupati Asahan nomor 21 tahun 2020 tentang penyelenggara satu data Indonesia tingkat kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Sekda Kabupaten Asahan Drs. Jhon Hardi Nasution M.Si, Asisten dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan mengikuti Rilis Bersama Data Sensus Penduduk dan Data Adminstrasi Kependudukan 2020. Pada hari ini diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (26/1/2021).

Mengawali Rilis, H. Surya, BSc menyuarakan, Sensus penduduk sendiri merupakan program yang dilakukan rutin 10 tahun sekali yang bertujuan menghasilkan satu data kependudukan yang merupakan Program Satu Data Indonesia.

“Bupati juga berharap data yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), akan segera menjadi kita dalam melakukan segala tahapan pembangunan secara terukur dan memberi dampak pada kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Asahan,” ucapnya.

Sekilas informasi bahwa penduduk Kabupaten Asahan berada pada usia muda, dimana penduduk Kabupaten Asahan berada pada kelompok usia produktif.

“Dalam kondisi ini menggambarkan kuatnya modal kita untuk menggerakkan perekonomian dan pembangunan, tinggal bagaimana kita dapat mengelola penduduk dengan baik,” pungkas H. Surya BSc.

Selanjutnya Kepala (BPS) Minda Flora Ginting menerangkan, Jumlah ini merupakan data jumlah penduduk hasil antara kenangan hasil Sensus penduduk 2020 dengan data Adminduk yang menggambarkan gambaran penduduk yang melakukan.

Baik untuk keperluan bekerja, sekolah, maupun alasan lainnya. “Sementara itu, database dari Dukcapil dibawa ke lapangan untuk pengungkit,” terangnya.

Lebih lanjut memaparkan Minda Flora Ginting, berdasarkan data Sensus Penduduk 2020, jumlah penduduk Kabupaten Asahan hingga September 2020 sebanyak 769.960 jiwa.

Dengan luas daratan Kabupaten Asahan sebesar 3.732,97 km², maka populasi penduduk Kabupaten Asahan sebanyak 206 jiwa per km².
Selama 2010-2020, pertumbuhan rata-rata pertumbuhan penduduk Kabupaten Asahan sebesar 1,38%.

“Dari total data tersebut sebanyak 95,48% atau 735.153 penduduk berdomisili sesuai Kartu Keluarga Kabupaten Asahan. Sedangkan 4,52% atau 34.807 penduduk berdomisili tidak sesuai Kartu keluarga (KK),” ujar Kepala BPS.

Masi ditempat yang sama, Kadis Dukcapil H. Suprianto juga menjelaskan, berdasarkan jenis kelamin, pembagian jumlah penduduk di Kabupaten Asahan yaitu 50,57% atau sebanyak 389.391 orang jumlah penduduk laki-laki di Kabupaten Asahan. Dan sebesar 49.403% atau sebanyak 380.569 orang jumlah penduduk perempuan di Kabupaten Asahan.

Tema Sensus Penduduk 2020, catat Indonesia menuju satu data kependudukan, menuju Indonesia maju. Di Indonesia sensus penduduk 2020 sebagai sensus ketujuh.

“Di akhir ia penyampaianya, tujuan utama sensus penduduk tahun 2020 adalah untuk melihat jumlah atau jumlah penduduk di suatu wilayah, khususnya di wilayah Kabupaten Asahan pada tahun 2020,” tutup Suprianto. (*EF)

Reporter : Miko

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.