Bupati Zahir Terima DIPA & TKD TA 2023, Gubernur Sumut Tegaskan Hal Ini !

  • Bagikan
Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir menghadiri pelaksana anggaran DIPA dan dana alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2023. (foto: Ist/Humas)

MEDAN, MEDGO.ID — Bupati Batu Bara Zahir menerima Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan Dana Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2023.

Penerimaan DIPA itu diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Jumat (02/12/2022).

Turut mendampingi Bupati Zahir, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Batu Bara Hakim, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Rajali, Asisten III Setdakab Batu Bara Renold Asmara, dan Kepala Bappelitbangda Abdu Zahrul.

Pada kesempatan itu Gubsu Edy Rahmayadi menekankan kepada seluruh kepala daerah sesuai instruksi dari Presiden RI Jokowi.

“Ada enam fokus kegiatan tahun 2023 yang harus menjadi perhatian bupati/walikota dalam penggunaan TKD 2023 yaitu penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM),” bebernya.

Akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial, melanjutkan pembangunan infrastruktur, infrastruktur untuk sentra ekonomi baru, revitalisasi industri dan reformasi birokrasi.

“Saya minta kepada bupati/walikota serta kementerian dan lembaga untuk mempercepat realisasi anggarannya,” tegasnya.

Biar ekonomi kita cepat tumbuh, jangan ditumpuk di Bank.

“Saya minta tanggal 2 Januari (2023) sudah running, belum lagi pengesahan APBD di DPRD Bapak masing-masing, kita harus cepat apalagi tahun depan diprediksikan akan sulit,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara Plt Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumut Heru P Nugroho menyebutkan.

Ada empat permasalahan percepatan belanja pemerintah daerah (Pemda) tahun 2022 antara lain lambatnya pengesahan APBD, penetapan pejabat perbendaharaan, rencana umum pengadaan barang dan jasa terlambat disusun dan proses pengadaan barang dan jasa terlambat dilakukan.

“Ini yang perlu kita perhatikan di 2023 untuk akselerasi implementasi dan kualitas anggaran, laksanakan segera di awal tahun, agar masyarakat langsung bisa merasakan dampaknya,”ujar Heru P Nugroho. (*/AN)

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan