Bupati Asahan Tandatangani Pakta Integritas Netralitas ASN

  • Bagikan
Bupati Asahan tandatangani Pakta Integritas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. (foto: Ist/Humas)

ASAHAN, MEDGO.ID — Bupati Asahan H. Surya menandatangani pakta integritas netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Penandatanganan terlaksana di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Senin (05/12).

Dalam pelaksanaan penandatangan pakta integritas ini dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi dan diikuti seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara serta disaksikan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Kemudian juga di ikuti Ketua KPU Provsu, Pimpinan Partai yang ada di Provsu, Kapolda Sumatera Utara, perwakilan Forkopimda Sumatera Utara, Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan, Ketua KPU Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Dikesempatan ini Ketua Bawaslu Provsu, Syafrida R Rasahan mengatakan penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen Kepala Daerah untuk sama-sama melaksanakan Pemilu dan Pilkada Serentak dalam menjaga integritas dan netralitas.

Menurutnya kehadiran ASN adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kenyamanan kepada semua pihak dengan melakukan ketidak berpihak pada siapapun.

“Dengan adanya pakta integritas ini, diharapkan adanya komitmen bersama untuk menjaga integritas ASN agar tidak dilibatkan dalam kegiatan politik, yang nantinya akan merugikan ASN itu sendiri,” ujar Syafrida.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi pada pidatonya mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terlibat politik praktis.

“ASN harus netral dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN”, ucap Edy.

Sementara Bupati Asahan mengatakan dirinya akan terus mengingatkan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk menjaga netralitas saat pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak nantinya.

Bupati juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu nantinya.

Bupati Asahan meminta laporkan segerah kepada pihak terkait jika ditemukan ASN yang tidak bersikap netral pada saat pemilu dan pemilihan serentak.

“Mari bersama kita sukseskan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 ini dengan jujur dan adil, sehingga kita dapat merayakan pesta demokrasi dengan aman dan kondusif”, ujar Bupati mengakhiri pembicaraannya. (*/DP)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan