Amankan Perayaan Idul Fitri 1442 H, Kapolres Tanjung Balai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021

  • Share
Ket foto : Saat Apel Gelar berlangsung Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K. M.H. (Pimpin Apel) bersama IPTU Edward Simanjuntak (Komandan Apel) memasuki lapangan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021.

TANJUNG BALAI, MEDGO.ID Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K. M.H. memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 Polres Tanjung Balai, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman dalam perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 apel gelar di lapangan Mapolres Tanjung Balai dimulai sekira pukul 08.30 Wib, Rabu (5/5/2021).

Pada apel ini, Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K. M.H. menyampaikan amanat Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang mengatakan, untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, maka pada kesempatan Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat-2021 ini ada beberapa hal yang perlu saya tekankan.

Melalui apel gelar pasukan operasi ketupat Toba-2021, yang utama kita lebih tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan idul fitri 1442 H di wilayah Kota Tanjungbalai.

Komandan Apel, IPTU E. Simanjuntak dan juga di hadiri oleh para pejabat dan instansi lainya, Mewakili Walikota Tanjung Balai Nurmalini Asisten I Pemko Tanjungbalai, Mewakili Dandim 0208/AS Mayor Inf. Indra Bekti, Wakil Ketua DPRD Tanjungbalai Syahrial Bakti, Wakapolres Tanjungbalai H. Kompol Jumanto SH. MH, Mewakili KSOP Syahbandar O. Naibaho, Danki Brimob Kompi 3/B AKP Abdul Hakim Harahap, Danramil 17 Kapten Inf. T. Lumban Raja, Mewakili Kepala Kantor Bea dan Cukai Teluk Nibung Kepala seksi PKCDT Jimmy Benny Simatupang, Kadis Perhubungan Pemko Tanjung Balai Elvandia, Para PJU Polres Tanjungbalai.

Adapun Peserta Apel yang mengikuti perwakilan dari beberapa personel, barisan TNI AL, barisan TNI AD, barisan BRIMOB POLRI, barisan Satpolair Tanjungbalai, barisan Sat Sabhara, barisan Sat Lantas, barisan Gabungan Staf Polres, barisan Polsek Jajaran, barisan Sat Intelkam, Reskrim, Narkoba, barisan Dishub.

Kapolres menyematkan Pita OPS Ketupat Toba 2021

Disela gelar apel berlangsung Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K. M.H menyematkan pita OPS Ketupat Toba 2021 kepada perwakilan pasukan setiap barisan masing-masing.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan Pada hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan di masa pandemi covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “ketupat-2021” dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya. Mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya.

Dalam apel gelar Operasi ketupat-2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan idul fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan operasi ketupat-2021, akan melibatkan 90.592 personel polri, 11.533 personel tni serta 52.880 personel instansi terkait lainnya yang terdiri dari satuan polisi pamong praja, dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka, jasa raharja.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 333 pos penyekatan untuk mengantisipasi terhadap warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata.

Siapkan mental dan fisik saudara yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hindari sikap dan tindakan — tindakan tidak simpatik dan arogan yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum ramadhan dan idul fitri 1442 h diseluruh wilayah, khususnya daerah yang memiliki kerawanan serta berpotensi menjadi target para pelaku,” ungkap Kapolres Putu Yudha.

Jalin kerjasama yang harmonis dan sinergis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan sinergi polisional yang pro aktif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Laporan : Miko Franata.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.